Radio Music Player Free Online

Minggu, 28 April 2013

Instalasi,Cara Mengoperasikan, dan, Merawat GenSet

Instalasi,Start-up Dan Maintenance Genset.

Jika kita memiliki atau baru membeli genset, tentunya kita harus membuat instalasinya, meghidupkannya untuk yang pertama kali, serta merawatnya agar genset dapat beroperasi optimal dan awet.
Instalasi :
Yang harus kita perhatikan pertama kali adalah Instalasi nya, yakni pondasinya atau landasannya.
Sebaiknya pondasi Genset dibikin sedemikian rupa agar terpisah atau ada sekat dengan tanah, yang biasanya sekat tersebut dibuat seperti parit kecil dan diisi dengan pasir dan sirtu. Antara Pondasi dan frame genset diberi mounting spring. Radiator sebaiknya jangan terlalu dekat dengan dinding agar mudah perawatannya dan juga mudah kita memasang ateunator jika diperlukan.
Harus kita perhatikan juga ventilasi udara masuk sebaiknya 2x bukaan radiator atau lebih agar genset nantinya tidak mudah overheat. Flexibel harus dipasang lurus jangan sampai miring sebelah, mufler atau peredam jangan sampai terbalik karena bisa terjadi back pressure. Kanalpot harus kearah radiator atau kearah samping dimana kita perhitungkan agar supaya gas buang tidak terhisap oleh air cleaner/filter udara.
Sedangkan instalasi kabel power sebaiknya kita mengikuti aturan umum instalasi listrik.
Start-Up :
Sebelum kita menghidupkan genset pertama kali kita harus mengecek oli, air radiator (biasanya kita gunakan coolant), dan New Engine Inspection guna kebutuhan pengorderan parts nantinya. Jika semuanya terasa sudah beres maka hidupkanlah genset beberapa menit kemudian matikan lagi. Cek kembali level olinya jika kurang tambahkan lagi hingga level H (High). Selanjutnya genset bisa dihidupkan kembali dan diberi beban sambil kita awasi. Pembebanan harus step by step agar genset tidak terkejut.
Perawatan :
Prosedur perawatan kita harus mengikuti instruksi pabrik penjual genset tersebut, namun pada umumnya perawatan semua genset hampir sama.
Penggantian Oli dan filter oli dilakukan setiap 250 jam dan filter bahan bakar juga sebaiknya diganti.
Pada 1500 jam lakukan pengecekan valve clerence, dan juga penggantian filter udara.
Pada 6000 jam lakukan pengecekan turbo, water pump, kalibrasi pompa bahan bakar dan nozzle (Ini biasanya dilakukan oleh dealer).
Sebisanya genset kita periksa setiap hari ataupun sebelum kita hidupkan seperti memeriksa kekencangan belt-belt, clamp-clamp hose dan juga baut-baut kalau-kalau ada yang longgar.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar